Aspek Pemasaran
1.1 Definisi Pemasaran
merupakan
salah satu dari kegiatan-kagiatan pokok yang dilakukan oleh para pengusaha
dalam usahanya untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya, untuk berkembang dan
mendapatkan laba. Proses pemasaran itu dimulai jauh sejak sebelum barang-barang
di produksi dan tidak berakhir dengan penjualan. Kegiatan pemasaran perusahaan
harus dapat juga memberikan kepuasan kepada konsumen jika mengingginkan
usahanya berjalan terus, atau konsumen mempunyai pandangan yang baik terhadap
perusahaan.
1.2 Spesifikasi Produk/jasa
Produk
adalah setiap sesuatu yang berbentuk barang maupun jasa yang ditawarkan ke
pasar untuk memenuhi kepuasan dan kebutuhan konsumen. Kepuasan suatu produk
dalam pemasaran mencakup bentuk penawaran secara fisik misalnya, merknya,
kemasan, garansi, servis, dan hal sebagainya. Pengembangan produk seperti
harga, distribusi, dan promosi dapat dilakukan setelah suatu perusahaan
mengetahui keperluan dan keinginan konsumen atau pasarnya. Produk yang
ditawarkan kepada pasar juga harus memenuhi permintaan pasar seperti kualitas
dan kuantitasnya.
1.3 Segmentasi Pasar
Adalah kelompok pembeli yang mimiliki perbedaan kebutuhan, karakteristik ataupun perilaku yang berbeda didalam suatu pasar tertentu. Segmentasi pasar bisa juga diartikan sebagai pengidentifikasian analisis perbedaan para pembeli dipasar.
Segmentasi pasar dapat dimaksud sebagaipembagian pasar yang berbeda-beda(heterogen) menjadi kelompok-kelompok pasar yang homogen, di mana setiap kelompoknya bisa ditargetkan untuk memasarkan suatu produk sesuai dengan kebutuhan, keinginan, ataupun karakteristik pembeli yang ada di pasar tersebut. Ada beberapa segmentasi yang efektif, yaitu :
- Dapat diukur (measurable)
Ukukran, daya beli, dan profil pasar harus dapat diukur dengan tingkat tertentu.
- Dapat dijangkau (accessible)
Segmen pasar dapat dijangkau dan dilayani secara efentif.
- ukup besar (substantial)
Segmentasi pasar cukup besar atau cukup memberi laba yang dapat dilayani.
- Dapat dibedakan (differentiable)
Differentiable berarti segmen tersebut dapat dibedakan dengan jelas.
- Dapat dilaksanakan (actionable)
Actionable berarti segmen tersebut dapat dijangkau atau dilayani dengan sumber daya yang dimiliki perusahaan.
1.4 Analisa Situasi pasar
Untuk
melempar produk ke pasaran, perusahaan wajib menganalisa situasi pasar, dimana
perusahaan harus mencari tahu kebutuhan konsumesn sehingga produksi yang di
lakukan oleh perusahaan memenuhi kuantitas dari permintaan sehingga memperoleh
keuntungan yang maksimal. Analisa pasar dilakukan dengan melihat produk yang
sejenis sejauh mana di minati konsumen, dan lalukan penganalisaan terhadap
kekurangan produk tersebut dan memperbaikinya untuk memenuhi kebutuhan
permintaan pasar akan produk yang diproduksi. Pertimbangan penentuan harga
produk juga dianalisa pada aspek ini, sebab perusahaan harus mengetahui dan
merencanakan target produk untuk kalangan tingkat menengah kebawah atau
menengah ke atas, tidak mungkin jika sebuah restoran bintang 5 dengan harga
makanan yang sangat mahal dibuka pada lingkungan kecil menengahkan? atau
mempromosikan sebuah produk mobil laborginin di perkampungan? Itulah pentingnya
analisa pasar harus dilakukan.
1.5 Analisa Persaingan
Persaingan
antar merk dapat terjadi pada semua struktur pasar produk. Biasanya perusahaan
tidak bersaing langsung dengan semua perusahaan dalam industri. Karenanya harus
dilakukan identifikasi perusahaan mana yang merupakan pesaing utama.
Pengevaluasian strategi, kekuatan, kelemahan dan rencana para pesaing juga merupakan aspek kunci analisa situasi. Evaluasi ini penting untuk identifikasi pesaing yang sudah ada dan potensial. Hanya beberapa perusahaan dalam industrinya yang menyimpulkan para pesaing utama. Cravens (2000) menyatakan bahwa analisa pesaing meliputi pendefenisian arena persaingan, penganalisisan group strategis, pengambaran dan pengevaluasian tiap pesaing utama. Analisis tersebut harus menunjukan kekuatan dan kelemahan pesaing.
Pengevaluasian strategi, kekuatan, kelemahan dan rencana para pesaing juga merupakan aspek kunci analisa situasi. Evaluasi ini penting untuk identifikasi pesaing yang sudah ada dan potensial. Hanya beberapa perusahaan dalam industrinya yang menyimpulkan para pesaing utama. Cravens (2000) menyatakan bahwa analisa pesaing meliputi pendefenisian arena persaingan, penganalisisan group strategis, pengambaran dan pengevaluasian tiap pesaing utama. Analisis tersebut harus menunjukan kekuatan dan kelemahan pesaing.
1.6 Strategi Promosi
Promosi
merupakan kegiatan marketing yang terakhir atau fix. Kegiatan ini merupakan
kegiatan yang sama pentingnya seperti kegiatan diatas. Tanpa promosi jangan
diharapkan pelanggan dapat mengenal produk atau jasa yang ditawarkan oleh suatu
perusahaan. Promosi merupakan pengenalan suatu produk atau informasi suatu
produk yang ditawarkan kepada pasar dan promosi juga bertujuan untuk menarik
konsumen membeli suatu produk yang ditawarkan. Paling tidak ada empat macam
sarana promosi yang dapat digunakan oleh setiap prusahaan dalam mempromosikan
produk maupun jasanya. Yaitu :
1. Periklanan
2. Promosi penjualan.
3. Publisitas
4. Penjualan pribadi.
Iklan adalah sarana promosi yang digunakan oleh pengusaha guna menginformasikan, menarik, dan mempengaruhi calon konsumennya.
Disamping promosi lewat iklan, promosi lainnya dapat dilakukan melalui promosi penjualan atau sales promotion. Tujuan promosi penjualan adalah untuk meningkatkan penjualan atau untuk meningkatkan jumlah pelanggan.
Promosi yang ketiga adalah publisitas. Publisitas merupakan kegiatan promosi untuk memancing nasabah melalui kegiatan seperti pameran, bakti sosial serta kegiatan lainnya.
Kegiatan promosi yang keempat adalah penjualan pribadi atau personal selling. Dalam dunia bisnis penjualan pribadi secara umum dilakukan oleh salesman atau salesgirl.
1.7 Strategi Promosi Berbasis TI
Langkah-langkah
yang dilakukan untuk memasarkan suatu produk tentu dengan cara mempromosikan
barang atau jasa. Nah di era digital ini promosi berbasi TI sangat diperlukan
karena pada saat ini hampir semua masyarakat menggunakan smartphone yang
terhubung ke internet untuk melakukan aktivitasnya. Maka sebuah perusahaan
perlu menagambil strategi promosi berbasis TI untuk mempromosikan suatu
produknya, dengan cara yaitu :
a. Membuat website atau toko online
Memiliki
website sudah tidak bisa dihindari lagi di jaman yang penuh teknologi seperti
sekarang ini. Dengan adanya website, membuat peluang usaha bisa menjadi lebih
terbuka karena jualan online anda akan semakin dikenal banyak orang dengan
mudah. Website membantu usaha anda dapat diketahui, karena informasi mengenai
usaha, produk atau jasa yang anda jual bisa dibaca dan dimengerti dengan mudah.
b. Social media
b. Social media
Dengan
berkembangnya teknologi komunikasi secara global yang mempengaruhi cara pelaku
usaha dalam berkomunikasi. Sosial media merupakan salah satu alat komunikasi
dan salah satu strategi promosi produk yang perlu anda miliki untuk
menjembatani antara pelaku bisnis dan penjual agar terjalin dengan mudah,
cepat, dan efisien. Contoh penggunaan social media saat ini adalah Instagram,
facebook, twitter dan lain sebagainya.
c. Video online
Akhir-akhir ini, membuat produk dalam tampilan visual menjadi model baru dalam strategi langkah-langkah promosi peluang usaha. Video dapat menamplkan produk yang sedang anda tawarkan kepada konsumen. Dengan video, produk dapat ditampilkan secara mendetil dari berbagai sisi. Selain itu, fitur suara dapat menambah informasi yang detil mengenai spesifikasi dari produk tersebut.
2.1 Komentar
Menurut pemikiran saya aspek
pemasaran merupakan hal yang sangat perlu dalam penjualan suatu produk atau
jasa, karena aspek pemasaran merupakan suatu perkenalan produk yang dibutuhkan
oleh target pasar. Aspek pasar sangat mempengaruhi penjualan suatu produk yang
dibutuhkan, apalagi pada saat ini penjualan dan pemasaran suatu produk dapat
dilakukan menggunakan media TI.
Dengan demikian
jika sebuah perusahaan tidak melakukan pemasaran dengan menggunakan media TI
maka keberhasilan penjualan produk akan
berkurang, sebab masyarakat sekarang sengat tergantung pada media TI, sehingga
masyarakat yakin dengan produk yang dipasarkan
0 komentar:
Posting Komentar