Ringkasan Penulisan Ilmiah

Ringkasan Penulisan Ilmiah
Nama  : Rayhan Arino
Dosen Pembimbing  : Onggo Wiryawan, M.si
Judul Penulisan Ilmiah yang saya buat adalaah “Program Aplikasi Mobile Wisata Kota Bukittinggi Berbasis Android Menggunakan Java” , latar belakangnya karena teknologi yang semakin maju contohnya seperti ponsel pintar (smartphone), kecendrungan orang – orang pada saat ini banyak melakukan kegiatan pada smartphone nya, sehingga smartphone pada saat ini sangat mempengaruhi kehidupan sehari-hari nya. Termasuk mempengaruhi perwisataan, Wisatawan cendrung mengalami kesulitan dalam mengambil keputusan ketika memilih tempat wisata yang ingin dituju. Oleh kerena itu dengan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi pada masa kini, telepon pintar (smartphone) salah satunya.
Atas dasar semakin berkembangannya gadget tentu saja membuat aplikasi informasi tempat wisata menjadi peluang dalam penggunaan mobile phone yang bisa memberikan informasi tempat wisata serta bisa menjadi penduan untuk perjalanan wisata di Kota Bukittinggi.
Pembuatan Software menggunakan Android Studio for Windows dimana menggunakan bahasa pemograman java dan xml, sedangkan untuk databasenya saya menggunakan SQLite for android studio, penggunaan SQLite ini tidak membutuhkan server, databasenya akan tersimpan dalam aplikasinya.
Aplikasi ini akan terkoneksi pada Google Map, jadi tidak hanya mendapatkan informasi tentang tempat wisata juga mendapatkan dan dapat menuntun para wisatawan ke lokasi wisata yang ingin dituju. Aplikasi ini menggunakan Google Map API, yang akan membuat aplikasi ini terkoneksi dengan Google Maps.
Motode yang saya gunakan yaitu SDLC (System Deveelopment Life Cycle), SDLC merupakan pola yang di ambil untuk mengembangkan sistem yang terdiri dari planning(perencanaan), analysis (analisa), design(desain), implementation(implementasi).
1.    Planning (perencanaan)
Merancang dan menyiapkan kebutuhan untuk pembuatan Aplikasi Berbasis Android.
2.    Analysis (analisa)
Menganaslisa informasi yang dibutuhkan dan menganalisa model sistem baru. Adapun model strukturnya menggunakan UML.

3.    Design (desain)
Di tahapan ini penulis mendesain fitur apa saja yang ingin dibuat dan operasi secara rinci seperti struktur navigasi, tampilan userinterface dari aplikasi dan juda databasenya.
4.    Implementation (implementasi)
Mngimplementasika dari apa yang sudah direncanakan dan melakukan uji coba.
Kelebihan Aplikasi
1.   Desain yang minimalis
2.   Mudah dimengerti oleh orang awam
3.   Dapat bermanfaaat bagi wiastawan yang ingin berkunjung ke kota Bukittinggi
4.   Langung mendapatkan inforamasi wisata apa aja yang di kota Bukittinggi, tidak perlu searching lagi di google kerena sudah dikolompokkan wiata yang ada di kota Bukittinggi.
Persiapan promosi agar aplikasi ini dapat memenuhi salah satu bisnis informatika yaitu dengan membuat account android developer menggunakan google sehingga kita dapat mendaftarkan aplikasi ini ke playstore, dan mendapatkan keuntungan dari orang-orang yang mendownload aplikasi ini. Untuk mempercepat keuntungan dapat menggunakan promosi seperti menggunakan iklan, dan share aplikasi kepada teman-teman sekitar atau ke grup dan community wisatawan.


Share this:

CONVERSATION

0 komentar:

Posting Komentar